BERBAHAYA , VERSI POPULAR MOBILE GAME POKEMON

Pokemon GO
Pokemon GO (playstore)

pokemon-go-malware. ada suatu pasar potensial ponsel yang membuat semakin banyak pembuat game membuat jalan ke App Store dan Google Play. Namun, pertumbuhan game mobile menjadi salah satu faktor untuk membuat serangan yang ideal untuk penjahat cyber. Baru-baru ini, Pokemon Go, yang baru dirilis game reality mobile yang banyak di gemari di seluruh dunia. Sayangnya, penjahat cyber banyak dengan cepat mengambil keuntungan dari banyaknya yang menggunakan aplikasi Pokemon GO.. Sebuah versi modifikasi dari aplikasi Pokemon Go telah ditemukan, penyusunan syntac berbahaya yaitu trojan akses (RAT) yang bernama DroidJack (diidentifikasi oleh Trend Micro sebagai AndroidOS_SANRAT.A). Aplikasi berbahaya tersedia di situs file-sharing pihak ketiga, dan diupload pada 7 Juli-kurang dari 72 jam setelah  rilis resmi di Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru.

Sasaran CyberHack Aplikasi Pokemon GO non Resmi

Sasaran dari aplikasi berbahaya tidak termasuk pengguna di AS, Australia, dan Selandia Baru melainkan ke pengguna yang mengdownload aplikasi pokemon Go  di negara negara yang belum di rilis resmi dan dari halaman download tidak resmi. RAT ini yang berasal dari portal resmi hampir bisa memberikan penyerang kontrol penuh atas ponsel korban. Aplikasi berbahaya yang mampu memperoleh semua izin yang diperlukan untuk fungsi utama perangkat Android, termasuk mengakses, memodifikasi, dan melaksanakan panggilan, SMS, buku telepon, kamera, perekam audio, serta mengaktifkan atau menonaktifkan konektivitas Wi-Fi.
Banyak media dilaporkan menawarkan petunjuk tentang cara untuk men-download game dari layanan pihak ketiga, termasuk cara menginstal APK (paket aplikasi Android) mengakibatkan kelebihan beban server yang besar. Sehingga pengguna pokemon Go di negara yang sudah rilis resmi mengalami gangguan karena server terasa berat..

Pokemon GO
Pokemon GO (Playstore)

Perhatikan Izin akses terhadap Akun Google Anda

Aplikasi ini juga memerlukan akses akun Gmail penuh, yang berarti bahwa Pokemon Go dan Niantic, pengembang, memiliki izin untuk membaca email dan mengakses semua konten Google antara lain. Tampaknya bahwa jika pengguna mendaftar dengan akun Google mereka, mereka tidak mungkin sepenuhnya sadar tentang "Akses akun penuh" aplikasi, risiko terisolasi untuk perangkat iOS. Berdasarkan analisis lebih lanjut, Pokemon aplikasi tidak secara eksplisit meminta izin untuk akses akun penuh ketika masuk dengan kredensial Google. Menurut update oleh Niantic Namun, itu tidak membaca email, dan "akses lengkap ke akun" diberikan kepada aplikasi iOS yang akan turunkan oleh Google. "Pokemon Go hanya mengakses informasi profil Google dasar (khusus ID pengguna dan alamat email) dan tidak ada informasi akun Google lainnya sedang atau telah diakses atau dikumpulkan", kata Niantic.
Sementara belum ada laporan dari pemain yang terpengaruh oleh aplikasi berbahaya ini namun, pengguna masih disarankan untuk waspada terhadap aplikasi diunduh dari toko pihak ketiga tidak resmi.
Pokemon GO
Pokemon GO (playstore)

Lokasi Download Resmi Pokemon Go

Untuk amannya, agar mengdownload hanya dari toko aplikasi yang sah. Yaitu di App Store untuk IOS dan Play Srore untuk Android.  
Dan untuk saat ini Aplikasi Pokemon Go dapat di unduh Resmi di Play Store dan Aman untuk di instal di gadget anda semua. Anda dapat Download di Link ini (PlayStore).
Walau Aplikasi ini mengundang Pro dan kontra bagi pengguna game ini agar lebih santun dalam mengaplikasinnya .

(sumber : trendmicro.com)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment