CARA SETTING DDNS CCTV DI MODEM INDIHOME HUAWEI HG8245H


Penggunaan CCTV pada saat ini sangat penting sekali sebagai penunjang keamanan lingkungan seperti di Komplek perumahan, kantor, sekolah, Pusat Perbelanjaan dan rumah pribadi.
Dengan memasang CCTV kita dapat memantau kegiatan yang terjadi di lingkungan kita dengan mudah sehingga bisa membuat antisipasi ataupun membuat pembuktian akan sebuah kejadian di lingkungan kita. 
Dengan kemajuan teknologi DVR yang merupakan alat perekam CCTV sekarang, CCTv dapat diakses secara jarak jauh (remote) dengan menggunakan perangkat PC, Laptop ataupun Handphone berbasis Andrdoi ataupun IOS.
Namun adakalanya kita mendapatkan DVR CCTV yang lumayan Jadul sehingga kita tidak bisa secara instan membuat setting untuk mengakses CCTV kita secara remote. Hal ini sering dihadapi oleh para teknisi CCTV yang dihadapkan pada Project Minim dari Konsumen mereka...(hehe).
Oleh karena itu untuk mengaksesnya kita harus menggunakan system DDNS
Sekarang mari kita coba membuat koneksi DVR Lama (yang mempunyai fitur DDNS) dengan aplikasi android atau PC lewat DDNS.
Pertama, kita membuat akun DDNS terlebih dahulu. Berdasar pengalaman saya membuat DDNS lebih mudah di www.noip.com dan yang terbaru di DDNS nya milik Indihome yaitu www.ip-dynamic.com. Untuk cara membuat akun DDNS di www.noip.com lebih lengkap bisa dilihat di link ini dan DDNS Indihome www.ip-dynamic.com di link ini
Kedua, setting Forward Rules di Modem Indihome Huawei HG8245H.

1. Masuk ke modem Huawei dengan memasukan Username : telecomadmin, dan Pasword : admintelecom.
SETTING CCTV MODEM HUAWEI HG8245H
SETTING CCTV MODEM HUAWEI HG8245H
2. Pilih Tab Forward Rules, pilih DMZ Configuration (Menu sebelah kiri)
Pilih New kemudian pilih WAN Name dengan : 2.Internet_R_Vid 200
Isi Host Name dengan memasukan ip address dari DVR.

SETTING CCTV MODEM HUAWEI HG8245H
SETTING CCTV MODEM HUAWEI HG8245H
3. Pilih Menu Port Mapping Configuration 
Pilih New, Pilih Type User Defined, Ceklis Enable Port Mapping, PIlih WAN Name : 2.Internet_R_Vid_200, Isi Nama Mapping Name dengan nama bebas, Isi Internal host dengan IP Address DVR, Isi External Port IP dengan Port DVR yang sudah dibuat (contoh 8000) Pilih Protocol : TCP/UDP, isi internal port untuk DVR : 8000.
SETTING CCTV MODEM HUAWEI HG8245H
SETTING CCTV MODEM HUAWEI HG8245H

4. PIlih Network Application untuk memasukan DDNS 
Pilih New, Ceklis Enable DDNS, Pilih WAN Name : 2.Internet_R_Vid_200, Isi Domain Name dengan nama bebas, Pilih Service Provider : dynddns-custom, pilih Host of the service provider : dynddns.custom.net, isi port 8000, samakan dengan port di menu Port Mapping Configuration dan di DVR CCTV Avtech anda tadi. Isi username dengan username DDNS, juga pasword DDNS. Piih Apply.
SETTING CCTV MODEM HUAWEI HG8245H
SETTING CCTV MODEM HUAWEI HG8245H


Ketiga, Setting Network dan DDNS di DVR
Masuk ke Menu Setting, Pilih Network, Pilih Network Type : Static, Isi IP Address dengan ip addres yang anda tentukan, isi gateway ke IP Modem, isi netmask yang diberikan modem, isi Primary DNS dengan ip modem, isi Secondary DNS bebas, isi Port samakan dengan port di Forward Rules di Modem (contoh 8000).
Setting DDNS di DVR
Setting DDNS di DVR
 Keempat, Masuk ke menu Tab DDNS
Aktifkan DDNS, masukan System Name DDNS : dyndns_custom, isi username DDNS, dan Pasword DDNS, Isi Host DDNS yang di berikan oleh akun DDNS anda.
Setting DDNS di DVR
Setting DDNS di DVR
Setelah selesai Setting semua, coba akses alamat host ddns anda di browser Android anda atau di aplikasi CCTV android (contoh : Eagle Eyes) anda disertai port yang tadi didaftarkan di modem dan DVR, Contoh : dvr_anda.ddns.net:8000 dan isi Username dan Pasword yang sama dengan DVR.
Demikian Cara setting DDNS untuk Akses/Remote CCTV lewat internet. semoga menjadi manfaat.



Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Home decor
admin
November 27, 2018 at 9:36 AM ×

Maksih infonya min sangat membantu. bagi agan - agan yang butuh tutorial servis laptop gratis bisa berkunjung http://omah-download.blogspot.com

Reply
avatar
Made In
admin
March 18, 2019 at 11:27 AM ×

Makasih infonya, kalau internet yang dipakai tidak bisa open port gimana solusinya

Reply
avatar
Unknown
admin
August 27, 2019 at 11:05 AM ×

Gak jelas, yg d daftar noip, tpi ddns nya dyndns.custom, yg sesuai lah, jgn malah buat pusing pmbaca,

Reply
avatar
Thanks for your comment