CARA MEMPERLUAS JARINGAN WIFI

Penggunaan WIFI untuk share data dan internet kini semakin banyak digunakan, yang mana dengan teknologi WIFI ini dapat memberikan kemudahan dalam akses data dan internet juga mengurangi penggunaan kabel yang kadang menyulitkan dalam instalasi atau pemasangannya.
Dengan demikian fungsi dan penggunaan WIFI semakin banyak digunakan oleh publik yang membutuhkan share data dan internet.
Namun di balik kemudahan instalasi WIFI ini juga kadang sinyal WIFI ini menjadi lemah sehingga share data dan internet kadang putus nyambung atau menjadi lemot.
Ada beberapa cara untuk memperluas jaringan wifi ini, diantaranya adalah :

  • Tempatkan Router anda ditempat yang benar 
Kadang kadang penempatan ROUTER ini tidak diperhatikan oleh para installer atau pemasang jaringan Wifi. Padahal posisi router ini sangat berpengaruh terhadap luas atau tidaknya Jaringan WIFI yang kita pasang. Oleh karenanya kita harus memasang Router di tengah tengah ruangan dan lebih tinggi bila kita memasang di sebuah ruangan, Lab, Kantor dan sebagainya. Karena sifat dari sinyal WIFI dari Router ini adalah melingkar hal ini agar sinyal memungkinkan bergerak secara horizontal dan optimal di seluruh ruangan.

oprekinfo
Tempatkan Router di Tempat yang Benar


  • Jangan Letakkan Benda yang Mengandung Medan Magnet pada Router
Barang-barang yang mengandung Electromagnet dapat mempengaruhi lemahnya sinyal WIFI. Contoh benda-benda yang mengandung electromagnet adalah TV, microwave, radio, telepon kabel (Telkom), dan lain-lain. Maka hindarkanlah Router WIFI kita dari benda-benda yang memiliki electromagnetic.

Jauhkan Router dari Bahan bahan yang Mengandung Magnet


  • Tempatkan Router di Ruangan yang Terbuka
Tempatkan Router di tempat yang terbuka, tanpa ada sekat. Dan tempatkan router di tempat yang tidak ada penghalang, seperti di dekat pintu antar ruangan, dekat jendela, atau ditempat yang memang terbuka tanpa sekat seperti kelas, gedung, restoran dan sebagainya.
Sebagaimana kita tahu bahwa signal wifi akan melemah bila terhalang sekat, tembok, furniture yang tebal. 

Tempatkan Router di Tempat yang tidak terhalang


  • Melakukan Update Firmware Atau Software Router
Lakukan update Firmware dari Software di router anda dengan update terbaru. hal ini dapat membantu penguatan signal WIFI dimana pengaturan software diperbaharui dengan update terbaru dari firmware router anda. Kunjungi Alamat website updater Router anda sesuai dengan merk dan type.


Lakukan Update Firmware Router


  • Mengganti Router Secara Berkala
Adakalanya penggunaan router yang sudah mencapai 3 - 5 tahun akan mengalami pelambatan dalam signal WIFI, dikarenakan korosi material mekanik didalamnya. Penggunaan yang lama pada Router dimana hampir setiap hari ONLINE tentu akan mengalami kerusakan, ditambah Listrik yang kadang mati tiba tiba atau mengalami shock tiba tiba yang diakibatkan dari listrik, petir dan sebagainya. 


Lakukan Penggantian Router Berkala

Demikian sebagian Cara Memperluas Jaringan WIFI yang dapat anda lakukan, tentunya mungkin anda juga memiliki cara lain untuk Memperluas Jaringan WIFI anda berdasar pada pengalaman anda dalam instalasi jaringan wifi atau HOTSPOT anda.
Jangan lupa untuk share dan like ya bila artikel ini anda sukai, thanks..


Previous
Next Post »
Thanks for your comment