CARA HEMAT KUOTA INTERNET

Salam jumpa lg sobat di artikel blog saya ini. Pada kesempatan sekarang saya akan menshare Cara Hemat Kuota Internet pada ponsel pintar anda. Memang penggunaan internet pada saat ini sudah menjadi "Kebutuhan Pokok" bagi masyarakat, khususnya buat remaja yang doyan main game online, update di sosial media, atau download lagu, film dan sebagainya.
Penggunaan kuota internet maka sesuatu hal yang tidak bisa di lewati tentunya, dengan membayar beberapa Rupiah perbulan dengan beberapa paket internet yang ditawarkan provider maka kita hukum nya "wajib" untuk membelinya.
Mengesampingkan kwalitas provider internet khususnya GSM yang murah meriah kuota banyak tapi lemot bagai siput, atau yang cepat, akurat namun mahal menguras isi dompet disini saya akan menshare sebagian cara untuk menghemat Kuota Internet sobat semua, walaupun habisnya kuota semuanya dikembalikan kepada pengguna ponsel pintar itu sendiri.

Cara Pertama
Mengubah Fitur "Google Maps" Menjadi Kondisi Offline
Sobat pasti tidak sadar kan dalam ponsel pintar pada aplikasi Maps dapat menguras isi dompet...eh menguras kuota internet maksudnya, dikarenakan Aplikasi Maps ini menggunakan GPS ponsel pintar kamu yang senantiasa terhubung ke internet untuk mencari lokasi kamu berdasarkan.
Apalagi jika anda menggunakan layananan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat Maps dalam mode satelite. Oleh karena itu matikan fitur matikan beberapa fitur MAps yang terhubung ke internet tersebut ke mode offline dengan cara,
- Sentuh Search bar diatas aplikasi Maps
- Geser ke bawah sampai bertemu pilihan "Save map to use offline"
 Bila kamu memerlukan Peta offline yang mendukung fitur turn-by-turn directions tanpa gps kamu bisa menggunakan aplikasi lain selain bawaan dari ponsel pintar kamu, salah satunya adalah CoPilot GPS app namun aplikasi ini berbayar. Kamu bisa download di Google Play.


Dengan mematikan GPS akan mematikan Maps


Cara Kedua
Memakai Browser yang Lebih Efisien
Seperti biasanya setiap smartphone android sudha di sisipkan browser bawaannya, memang lebih memikili banyak kelebihan, support flash dan lain-lain. namun kebanyakan browser bawaan menyedot kuota data internet sangat besar.
Untuk menghemat kuota dapat menggunakan salah satunya menggunakan Opera Mini yang mampu menyimpan data secara primer dengan mengompres website yang anda kunjungi. Browser ini juga memiliki datasaving video boost yang mana dapat menguranngi proses buffering namun dapat mengoptimalkan kualitas gambar tanpa menyedot kuota besar.

Untuk mengakses opsi data saving opera mini, Sentuh "O" dibawah layar Opera Mini dan klik area dengan tulisan saving enabled.


Opera Mini 


Cara Ketiga
Memperkecil Resolusi Streaming Youtube
Untuk yang sering streaming video kamu harus memperhatikan cara ini agar kamu lebih leluasa saat menonton video terlebih lagi di you tube, yaitu dengan memperkecil resolusi video yang kamu tonton, tapi kalo kamu menggunakan Video dengan kualitas tinggi selain akan menguras paket data, juga dapat memperlambat streaming video tersebut.
Mengecilkan resolusi video streaming

Pilih Resolusi Youtube ke paling rendah

Cara Keempat
Memanfaatkan Wifi 
Nah, cara yang ini tentunya sudah kamu lakukan ya, hehe. Setiap duduk di mall, sekolah, kantor atau wifi corner yang sekarang sudah lumayan bertebaran pasti tidak lupa buat connecting to Wifi. asal sudah tahu pasword dan usernamnya bila meminta. 
Menggunakan Fitur Wifi

Oke sobat, demikian saya share cara hemat kuota internet buat kamu semua,,,thanks
Previous
Next Post »
Thanks for your comment